Penganggaran Daerah Otonom Kolaka Timur Didukung DPRD - Kolaka Timur
Headlines News :
Home » » Penganggaran Daerah Otonom Kolaka Timur Didukung DPRD

Penganggaran Daerah Otonom Kolaka Timur Didukung DPRD

Written By Unknown on Minggu, 23 Desember 2012 | 06.15






Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara mendukung pengalokasian anggaran Kabupaten Kolaka Timur sebagai daerah otonom baru.

Wakil Ketua DPRD Sultra Sabaruddin Labamba mengatakan Pemerintah Provinsi Sultra berkewajiban mengalokasikan anggaran untuk mendukung implementasi pemerintahan di Kolaka Timur yang baru mekar dari Kabupaten Kolaka.
“Kebetulan sekarang sedang berlangsung pembahasan APBD Provinsi Sultra tahun 2013. Eksekutif dan legislatif dapat bersinergi untuk mewujudkan anggaran kabupaten ke 13 Sultra tersebut,” kata Sabaruddin politisi PAN dari daerah pemilihan Kabupaten Kolaka.
Dalam Undang-Undang pembentukan daerah otonom biasanya menegaskan kewajiban Pemerintah Provinsi setempat untuk menyiapkan anggaran infrastruktur penunjang pelaksanaan pemerintahan.
Kegiatan penting yang membutuhkan biaya bagi daerah otonom baru, antara lain, penyiapan dan pembangunan pusat perkantoran yang disimbolkan dengan kantor bupati.
“Namanya daerah pemekaran baru pasti banyak menemui kendala dan keterbatasan, tetapi masyarakat dapat memaklumi,” kata Sabaruddin di Kendari, Kamis (20/12/2012).
Ia juga mengingatkan, pihak yang merasa memiliki andil dalam mewujudkan pemekaran Kolaka Timur agar tidak menonjolkan ambisi karena hal itu terwujud atas partisipasi dan dukungan banyak kalangan.
“Jangan saling klaim atau saling melupakan. Tempatkan diri dan ukur diri dalam menyikapi terbentuknya Kolaka Timur,” katanya.
Anggota DPRD Sultra lainnya, Sabri Manomang mengatakan rakyat yang berada dalam wilayah pemerintahan Kolaka Timur patut bersyukur karena akan mengatur masa depannya sendiri.
“Kolaka Timur memiliki sumber daya manusia dan sumber daya alam handal. Yang terpenting adalah niat dari pemimpinnya di masa mendatang,” kata Sabri politisi Partai Hanura dari daerah pemilihan Kolaka.

Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam, menyatakan kesiapan dari pemerintah provinsi dalam hal anggaran untuk membantu pemekaran Kabupaten Kolaka Timur yang telah diseujui oleh DPR RI dan Mendagri untuk menjadi kabupaten baru.
"Komitmen dari pemerintah provinsi untuk menyiapkan anggaran merupakan langkah awal yang perlu kita lakukan untuk menyiapkan pemekaran Kolaka Timur menjadi kabupaten baru di Sultra, sebelum pemekaran Kolaka Timur disetujui kami dari pemprov memang sudah menyanggupi untuk membantu dalam hal anggaran karena itu merupakan bagian dari tanggung jawab kami," katanya, Senin (17/12/2012).

Selain menyiapkan anggaran, pihaknya juga akan melakukan pembinaan. Pasalnya, sebagai wilayah yang baru saja terbentuk tentu masih membutuhkan pembinaan agar pemerintahan dapat berjalan dengan baik.

Nur Alam juga mengatakan bahwa saat ini yang menjadi prioritas utama dalam pembentukan Kolaka Timur yakni bagaimana mepersiapkan sarana dan prasarana sehingga pelayanan di wilayah yang baru saja dimekarkan itu bisa berjalan.

"Anggaran yang kami siapkan memang ada, tapi saya juga belum bisa memastikan berapa, yang jelas semuanya harus bisa digunakan untuk memenuhi sarana dan prasarana serta fasilitas perkantoran, kalau itu sudah ada maka pelayanan bagi masyarakat bisa dilakukan, jadi kita jangan bicara terlalu jauh dulu," ujarnya.

Untuk itu, saat ini pihak pemerintah provinsi sedang berupaya untuk menyediakan semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan di Kolaka Timur, sehingga dalam waktu dekat, pemerintahan di Kolaka Timur bisa segera diselesaikan.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Veritra Sentosa International

 photo hLUvie.gif
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Kolaka Timur - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template